RSS

[ Rumah ] Lubang Pembuangan Air

  1. Pertama tentunya dengan menggunakan floor drain. “Meski ini elemen penting yang  wajib ada di kamar mandi, masih banyak rumah yang tidak memakainya,” ujar Enny Herawaty, Sekjen Asosiasi Toilet Indonesia. Seandainya pun sudah ada, ketika membersihkan kamar mandi, kita biasanya akan membuka floor drain agar air cepat masuk dan tidak menggenang. Padahal, cara ini akan membuat banyak sampah, termasuk rambut-rambut hingga plastik, masuk ke lubang saluran. Lama-kelamaan, saluran pembuangan air bisa tersumbat.
  2. Untuk membuka sumbatan, tuang atau semprotkan air panas ke lubang pembuangan. Dengan begitu,  lemak-lemak kotoran akan hancur dan terbawa air.
  3. Jika sumbatan cukup parah, Anda bisa menggunakan soda api untuk menghancurkan kotoran. Caranya, tuangkan dua hingga tiga sendok makan soda api ke dalam lubang pembuangan air, lalu diamkan sekitar 15 menit. Kemudian siram dengan air panas.
  4. Saat membangun kamar mandi, buat juga bak kontrol. Gunanya untuk mencegah kotoran yang menyumbat di pipa masuk ke saluran pembuangan. Dengan bak kontrol, endapan bisa dibersihkan dengan mudah.
  5. Suyudono menekankan pentingnya menyediakan tempat sampah di kamar mandi agar sampah --seperti plastik sampo sachet, kapas, atau tisu-- tidak masuk ke lubang pembuangan air. “Untuk floor drain, pilih yang memiliki penampung di bawah tutupnya. Jika ada sampah yang masuk, bisa tertahan pada penampungnya,” jelasnya.
  6. Jika Anda tidak bisa melihat titik yang tersumbat, gunakan selang panjang untuk menemukannya, lalu tuangkan cairan antisumbat melalui lubang selang. Diamkan sekitar lima menit, lalu siram dengan air.
  7. Kamar mandi Anda sering dikunjungi kecoak? Berarti, saluran pembuangan kamar mandi kotor dan ada pengendapan kotoran. Bersihkan saluran dengan cara menyiramkan  air panas, setidaknya dua hari sekali. Kadang-kadang,  timbul bau kecoak karena saluran pembuangannya terlalu dekat dengan kamar mandi.
  8. Karena kecoak suka sekali tempat yang lembap, pastikan kamar mandi selalu dalam keadaan kering. Pastikan juga lubang-lubang pembuangan dan pintu kamar mandi selalu tertutup, serta kawat penyaring ventilasi terpasang dengan baik. Sehingga, tidak ada jalan bagi kecoak untuk masuk ke kamar mandi, apalagi ke bagian rumah yang lain.
  9. Untuk mengusir bau tak sedap, gunakan kapur barus untuk toilet (toilet ball) dan letakkan di atas lubang-lubang pembuangan tadi.(f)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: